Viral di Media Sosial Taman Bunga Karang Taruna Rengat Sudah dikunjungi Ribuan Warga

RENGAT-Sejak dua pekan terakhir, taman bunga Karang Taruna Kecamatan Rengat di halaman Replika Istana Kerajaan Indragiri, kawasan Danau Raja Rengat menjadi viral di media sosial. Hampir setiap hari, taman bunga ini dikunjungi ratusan warga, baik yang berasal dari Kabupaten Inhu maupun luar daerah.

Umumnya warga yang berkunjung ke taman bunga Karang Taruna Kecamatan Rengat memanfaatkannya untuk berswafoto atau selfi bersama keluarga dan rekan-rekannya. Di akhir pekan, jumlah kunjungan warga mengalami peningkatan hingga 10 kali lipat dibanding hari biasa.

“Untuk dapat masuk dan berfoto di taman bunga ini tidak dipungut biaya alias gratis. Kami hanya mengimbau warga untuk sama-sama menjaga bunga yang sudah ditanam dengan tidak memetik ataupun merusaknya,” ujar Ketua Karang Taruna Kecamatan Rengat, Atpas Fery.

Menurut Fery, pembangunan taman bunga di halaman Replika Istana Kerajaan Indragiri ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian Karang Taruna Kecamatan Rengat terhadap kawasan di sekitar Replika Istana Kerajaan Indragiri yang belum dikelola secara maksimal. Padahal kawasan ini memiliki potensi besar untuk dikembangkan sebagai objek wisata yang mampu menggerakkan perekonomian masyarakat.

Sebagai bentuk kepedulian tersebut, Karang Taruna Kecamatan Rengat bekerjasama dengan PT Ewindo membangun taman bunga di halaman Replika Istana Kerajaan Indragiri. Proses pengerjaannya memakan waktu sekitar dua bulan yang seluruhnya dilakukan oleh anggota Karang Taruna Kecamatan Rengat dengan pengawasan langsung dari PT. Ewindo.

“Alhamdulillah, kerja keras kawan-kawan Karang Taruna Kecamatan Rengat dan PT Ewindo saat ini sudah dapat dinikmati oleh masyarakat. Kami juga mendapat dukungan penuh dari Pemkab Inhu melalui Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata,” tutur Fery.

Kedepan, Karang Taruna Kecamatan Rengat dan PT Ewindo akan kembali membangun taman bunga di halaman Replika Istana Kerajaan Indragiri dengan tanaman-tanaman buah kualitas unggul yang memiliki nilai ekonomis tinggi. “InsyaAllah di halaman Replika Istana Kerajaan Indragiri ini akan kita penuhi dengan bunga dan tanaman buah yang memiliki nilai ekonomis tinggi,” ungkap Fery.

Selain di lokasi halaman Replika Istana Kerajaan Indragiri, Karang Taruna Kecamatan Rengat bersama PT Ewindo juga sudah memperoleh kepercayaan untuk membangun taman bunga pada sejumlah instansi dilingkungan Pemkab Inhu, beberapa instansi swasta hingga sejumlah cafe di Rengat.

Sementara itu, Product Promotor PT Ewindo, Sakimun mengungkapkan bahwa taman bunga di halaman Replika Istana Kerajaan Indragiri ini terdapat 7 varietas yang ditanam, diantaranya 4 varietas bunga marigold dan 3 varietas sayur. Varietas bunga marigold terdiri dari mega yellow, maharani, golden bloom dan diamond orange. Sedangkan 3 varietas sayur terdiri dari kubis sehati, bunga kol dan tomat servo.

“Untuk menghasilkan taman bunga seperti ini tidak memerlukan waktu yang lama karena 45 hari sejak tanam sudah berbunga, dan bunga yang telah mekar dapat bertahan selama 5 sampai 6 bulan, tergantung perawatan,” tuturnya.

Diungkapkan Sakimun, seluruh bunga yang ditanam dapat dimiliki masyarakat karena pihaknya menjual secara komersial di halaman Replika Istana Kerajaan Indragiri.***