Tingkatkan Peran Keluarga dalam Pertumbuhan dan Perkembangan serta Perlindungan Anak, DPPPA Kab. Inhu laksanakan Sosialisasi PUSPAGA ke seluruh Kecamatan Se- Kab. Inhu

Keluarga sebagai unit terkecil yang mempunyai pengaruh sangat besar dalam kehidupan seorang anak, karena dari keluargalah seorang anak memperoleh proses pengasuhan dan perlindungan. Dalam keluargalah seorang anak akan dididik dan dibesarkan untuk pertama kali. Dan dalam keluargalah, khususnya keluarga yang berkualitas, seorang anak mendapatkan pengasuhan yang berkualitas pula sehingga memperoleh perlindungan dari berbagai macam hal yang mengganggu kehidupannya.

Di dalam sebuah keluarga yang berkualitas maka pola pengasuhan yang berkualitas akan menjadi konsep utama, dengan memenuhi hak dan melindungi anak, serta membangun komunikasi yang baik antar anggota keluarga. Dengan kata lain, kualitas keluarga harus ditingkatkan sehingga orangtua/keluarga dapat menjalankan peran dan fungsinya dengan baik dalam memenuhi hak anak dan melindunginya karena anak merupakan generasi penerus bangsa.

Pentingnya Kualitas Keluarga dalam Perlindungan Anak pun diangkat menjadi Tema dalam Peringatan Hari Anak Nasional Tahun 2019 .

Seiring dengan hal tersebut, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Kab. Indragiri Hulu sesuai TuPokSi nya mengggelar Sosialisasi Pusat Pembelajaran Keluarga (PUSPAGA) ke Seluruh Kecamatan se-Kab. Indragiri Hulu .

Dalam pelaksanaannya, DPPPA Kab . Inhu menggandeng PKK Kabupaten dan Kecamatan Se- Kab. Inhu, Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kab Inhu, organisasi Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kab. Inhu, BKMT, serta Pusdatin Puanri Kab. Inhu yang kesemuanya merupakan mitra kerja Pemerintah dalam pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak.

“Dilaksanakannya acara sosialisasi puspaga kali ini bertujuan untuk  meningkatkan kapasitas orangtua/keluarga atau orang yang bertanggungjawab terhadap anak dalam menjalankan tanggungjawab nya mengasuh dan melindungi anak ” ujar Ibu Wardiati, S.Sos dalam sambutannya.

Anak memerlukan proses yang berkesinambungan dari bebagai pihak. Sosialisasi puspaga menjadi sangat penting untuk meningkatkan komitmen guna mendorong pemerintah bersama  para keluarga dan orang tua agar lebih berperan aktif” lanjutnya.

Kepala Dinas PPPA Kab Inhu juga menyampaikan “Perlu adanya kesadaran yang mendorong keluarga agar memiliki pengasuhan yang berkualitas, berwawasan keterampilan dan pemahaman yang komprehensif dalam pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak. Keluarga merupakan awal mula pembentukan kematangan individu dan struktur kepribadian seorang anak. Anak-anak akan mengikuti dan mencontoh orang tua dengan berbagai kebiasaan dan perilaku karena anak adalah kelompok makhluk yang rentan karena berusia kurang dari 18 tahun. Baik buruknya keluarga akan menjadi cerminan bagi masa depan anak. Baik buruknya keluarga ata perilaku anak di masa datang sangat ditentukan oleh pengasuhan yang diberikan oleh keluarganya dan lingkungan terdekatnya dengan demikian kualitas keluarga merupakan kunci pembentukan anak-anak kita”

Acara ini dibuka langsung oleh Kadis PPPA Kab Inhu yang dihadiri juga oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kab. Inhu Ibu Rezita Meylani Yopi ini beserta Ketua TP. PKK Kecamatan dan Desa/Kelurahan se-Kab. Inhu, Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kab. Inhu, Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kab. Inhu, Ketua Pusdatin Puandri Kab. Inhu, Tim PUSPAGA Soenara, Camat se-Kab. Inhu, Upika Kecamatan se-Kab. Inhu, Psikolog P2TP2A Kab. Inhu serta pengurus Forum Anak Kecamatan se-Kab. Inhu.

Ketua TP. PKK Kab. Inhu Ibu Rezita Meylani Yopi menyampaikan dalam sambutannya : “Ketika berbicara keluarga, tentunya sudah menjadi tugas PKK didalamnya untuk melakukan bimbingan dan memberi motivasi kepada keluarga agar dapat memberikan pengasuhan alternatif dalam keluarga yang berbasis hak anak sehingga angka tingkat kekerasan terhadap anak di Kab. Inhu bisa berkurang”

“Oleh karena itu, saya menghimbau khususnya ke seluruh pengurus pkk dan organisasi perempuan yang ada mulai dari tingkat kabupaten hingga tingkat desa dan kelurahan, melalui sosialisasi puspaga ini mari kita belajar bersama untuk meningkatkan kapasitas keluarga di lingkungan sekitar kita dalam pengasuhan anak” himbau beliau.

Beliau juga berharap pihak kecamatan bisa menduplikasi layanan puspaga ini minimal 1 kecamatan 1 puspaga. dengan begitu Tim PKK kecamatan terfasilitasi dalam melaksanakan tugas dan fungsinya.

Acara Sosialisasi PUSPAGA ini kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi PUSPAGA oleh Kabid. Pemenuhan Hak dan Tumbuh Kembang Anak Ibu Rika Varia Nora, S.SiT, MPH

Acara tersebut diakhiri dengan diskusi & tanya jawab  oleh para peserta Sosialisasi.