Pertemuan Tematik Bakohumas Bahas Tema Program Indonesia Sehat Dengan Pendekatan Keluarga

Badan Koordinasi Hubungan Masyarakat (Bakohumas) Kabupaten Indargiri Hulu kembali menggelar acara pertemuan tematik dengan menghadirkan Dinas Kesehatan (Dinkes) sebagai tuan rumah sekaligus narasumber pada pertemuan yang digelar di Aula Bappeda dan Litbang Kab.Inhu Rabu (03/10/2018). Acara yang ditaja oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kab. Inhu ini merupakan pertemuan lanjutan yang merupakan agenda rutin dari Kegiatan Bakohumas Kab.Inhu dimana pertemuan kali ini merupakan pertemuan forum tematik yang ketiga pada tahun 2018 ini.

Acara pertemuan tematik forum Bakohumas Kab.Inhu dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Indragiri Hulu Ir. Hendrizal, M.Si yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Bakohumas Kab.Inhu. Turut hadir Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kadiskominfo) Kab.Inhu Jawalter S, M.Pd serta Para Anggota Bakohumas yang merupakan praktisi kehumasan di lingkungan OPD, Instansi Vertikal, Polres Inhu, Kantor Pos, BPJS serta BUMN dan BUMD di Kabupaten Indragiri Hulu.

Dalam sambutannya Sekda selaku Ketua Umum Bakohumas menjelaskan tujuan dilaksanakannya pertemuan bakohumas ini adalah sebagai wadah pertukaran dan diseminasi informasi, serta untuk menjalin koordinasi dan sinergitas antar instansi yang tergabung didalamnya. Lebih jauh ia mengharapkan melalui Forum Bakohumas ini untuk bersama-sama menangkal isu radikal, ujaran kebencian dan penyebaran berita Hoax. "Dengan adanya forum Bakohumas ini dapat menginformasikan berita yang benar kepada masyarakat" ujarnya. "Banyak informasi yang beredar di masyarakat belakangan ini adalah informasi yang tidak benar dan memancing, untuk itu diharapkan peran humas pemerintah untuk meluruskan berita tersebut" tambahnya.

Pada pertemuan ini juga Sekda kembali menegaskan bahwa informasi yang beredar tentang Pembatalan Penerimaan CPNS Tahun 2018 di Kabupaten Indragiri Hulu adalah tidak benar. "Penerimaan CPNS tetap jalan walaupun APBD-P tidak disahkan tegasnya". Sekda juga mengajak untuk sama-sama memerangi Hoax dan lebih bijak menyikapi berita yang beredar dengan mencari informasi yang resmi "klo kurang pas tanyalah pada sumber sebenarnya" lanjutnya.

Sementara itu pada pertemuan tersebut Dinkes Kab.Inhu yang menjadi narasumber kegiatan menyampaikan materi tentang "program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK)". Program ini bertujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan yang tidak hanya berfokus pada mengobati, tetapi juga berfokus pada pelayanan kesehatan untuk mencegah agar yang sehat tidak menjadi sakit, Ujar Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinkes Kab. Inhu H. Zul Afril, S.Sos, MPH yang menjadi narasumber mewakili Kepala Dinas Kesehatan. Selain itu ia juga menghimbau jika ada petugas kesehatan yang datang kerumah-kerumah warga untuk mendata untuk dibukakan pintu dan diberikan kesempatan mendata dan melakukan pembinaan kesehatan kepada masyarakat.Disamping itu juga disinggung mengenai vaksin MR yang belakangan ini berita nya cukup hangat dimasyarakat. Dari target 95% yang ditetapkan pemerintah, saat ini jumlah yang telah divaksin masih belum mencapai target yang telah ditetapkan. Harapannya kedepan Vaksin MR di Kab. Inhu bisa mencapai target.
 
Acara itu sendiri berjalan dengan lancar diwarnai dengan diskusi yang interaktif dari peserta yang hadir. Untuk pertemuan tematik selanjutnya direncakan yang menjadi tuan rumah adalah Satuan Polisi Pamong Praja Kab. Inhu. "insya allah nanti pertemuan selanjutnya adalah dari Satpol PP Kab.Inhu yang telah menyatakan kesediaanya untuk menjadi tuan rumah pertemuan Bakohumas selanjutnya" ujar Kepala Seksi Kemitraan Komunikasi dan Informasi Diskominfo Inhu Nurizal Murza Indra S.Sos, M.Si