Pertamina EP Lirik Field Gelar Simulasi Tanggap Darurat

RENGAT - Pertamina EP Asset 1 Lirik Field adakan pelatihan tanggap darurat pemadam kebakaran di tiga lokasi sekitar wilayah operasi perusahaan, selama tiga hari.

Sebagai salah satu prosedur tanggap darurat akan adanya potensi kebakaran, Pertamina EP Asset 1 Lirik Field memahami pentingnya kesigapan para personil di lapangan saat terjadi kejadian emergency seperti kebakaran. 

Terlebih dalam menghadapi libur panjang dan cuti bersama, kelengahan dapat menjadi salah satu potensi bahaya.

Diikuti sekitar 45 personil yang tergabung dalam Tim Operasi Keadaan Darurat (TOKD), kegiatan pelatihan tanggap darurat pemadam kebakaran (fire drill) difokuskan pada pemadaman tanki minyak dan lokasi rig saat di sumur produksi minyak dimulai sejak Senin (17/12) hingga Rabu (19/12).

“Pada kesempatan ini kami memfokuskan penggunaan fix fire monitor dan fire truck dalam simulasi kebakaran, karena dengan penanganan yang tepat dan cepat, potensi kerugian akibat kebakaran dapat diminimalisir.” ujar Tedjo Sumantri, Lirik Field Manager, Jum'at (21/12).

Terbagi dalam tim kecil, personil TOKD berhasil menyelesaikan misi pemadaman kebakaran dengan sempurna tanpa ada kecelakaan. Kegiatan fire drill merupakan salah satu agenda wajib yang ditetapkan Pertamina EP Asset 1 Lirik Field untuk dilaksanakan secara berkala. Meskipun demikian, perlu keseriusan dan kehati-hatian dalam setiap tindakan pemadaman karena kesalahan kecil dapat berakibat fatal bagi para personil.

“Ketegasan perusahaan dalam menyikapi aspek Health Safety Security & Environment (HSSE) sangat jelas, dan kegiatan ini merupakan salah satu implementasi nyata di lapangan. Sehingga kehandalan operasional dan keselamatan personil perusahaan tetap terjaga.” tegas Tedjo Sumantri, Lirik Field Manager.

Selain melaksanakan kegiatan fire drill di lapangan, Pertamina EP Asset 1 Lirik Field juga rutin memberikan pelatihan pemadaman api menggunakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) maupun fire blanket kepada masyarakat di Kecamatan Lirik, Kabupaten Indragiri Hulu seperti yang telah dilakukan di Puskesmas Kecamatan Lirik pada bulan lalu. (Man)