Kunjungan Wisatawan di Inhu Meningkat

RENGAT - Kunjungan wisata ke Kabupaten Indragiri Hulu meningkat di tahun 2017 terutama pada akhir tahun. Hal ini berdasarkan catatan Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) . Peningkatan ini juga tidak bisa dilepaskan dari pelaksanaan sejumlah event pariwisata di Kabupaten Inhu. 

Dan untuk tahun 2018 ini, Disporapar Kabupaten Inhu juga sudah mengagendakan sejumlah event pariwisata.

Kadisporapar Inhu, Armansyah menjelaskan sepanjang tahun 2017 tercatat jumlah pengunjung sejumlah objek wisata di Inhu mencapai ribuan. Seperti yang disampaikannya peningkatan kunjungan wisatawan itu dikarenakan sejumlah event, diantaranya Festival Danau Meduyan, Festival Tembulun Berasap, dan Festival Bukit Tiga Puluh. "Selama pelaksanaan Festival Danau Meduyan saya, setidaknya ada 400 wisatawan yang berkunjung. Sementara selama pelaksanan Festival Bukit Tiga Puluh, setidaknya jumlah wisatawan yang berkunjung mencapai 500 orang," kata Armansyah, Rabu (3/1). 

Dijelaskannya, para wisatawan  berkunjung tidak hanya berasal dari Kabupaten Inhu saja, namun juga berasal dari luar kota. Seperti saat pelaksanaan Festival Bukit Tiga Puluh, banyak wisatawan dari luar kota yang ikut kegiatan Bycicle Criss Country. Hal ini dikarenakan Disporapar Kabupaten Inhu juga menggandeng komunitas sepeda pada saat pelaksanan Festival Bukit Tiga Puluh.

Tidak hanya selama pelaksanaan festival, sejumlah objek wisata di Inhu lainnya juga ramai dikunjungi para wisatawan pada akhir tahun ini. Salah satunya adalah objek wisata Danau Raja yang berada di Kecamatan Rengat. Seperti diketahui bahwa saat ini Disporapar Inhu mengambil alih pengelolaan objek wisata Danau Raja. Oleh karena itu, Disporapar Inhu sudah melakukan perawatan terhadap sejumlah fasilitas di Danau Raja. Bahkan ke depannya, rencananya Disporapar Inhu juga akan menambah sejumlah fasilitas di Danau Raja. 

Ditambahkannya, Disporapar juga sudah mengagendakan sejumlah event di tahun 2018 mendatang. Sebagian event yang dilaksanakan juga akan dilaksanakan bersama dengan Provinsi, diantaranya Festival Kuliner dan Festival Bukit Tiga Puluh. Kemudian tahun ini, Disporapar Inhu juga akan menyelenggarakan Festival Rentak Indragiri yang memadukan kebudayaan tiga Kabupaten, yakni, Inhu, Inhil, dan Kuansing.(02)