Kominfo Inhu Jadi Sasaran Sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan

Rengat - Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Indragiri Hulu menjadi sasaran sosialisasi Badan Pelaksana Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan. Sosialisasi di aula Kominfo ini dilaksanakan, Kamis (3/8) dengam peserta ASN  dan Non ASN di Kominfo.

BPJS Ketenagakerjaan adalah program Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) yang dikhususkan untuk pelayanan bagi tenaga kerja atau karyawan dalam bentuk jaminan asuransi untuk hari tua. Jadi intinya BPJS Ketenagakerjaan lebih fokus untuk jaminan pensiunan bagi para karyawan.

Dikatakan humas BPJS Ketenagakerjaan Rengat, Jonggi Juan Penjaitan diantara Program dari BPJS Ketenagakerjaan itu sendiri diabtaranya Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKm), Jaminan Hari Tua (JHT) dan Jaminan Pensiun (JP).  "Setiap program diberikan BPJS Ketegakerjaan tersebut mempunyai manfaat berbeda.

Menurut Jonggi, BPJS Ketenagakerjaan berbeda dengan BPJS kesehatan. BPJS Ketenagakerjaan merupakan program khusus untuk tenaga kerja dan pegawai, baik negeri maupun swasta. Sedangkan BPJS kesehatan berlaku untuk semua masyarakat tanpa terkecuali.

Jonggi yang juga narasumber dalam sosialisasi tersebut berharap setelah adanya sosialisasi ini masyarakat lebih tau bahwa bpsj tidak hanya untuk kesehatan saja tetapi juga ada dalam ketenagakerjaan.