Hari ini, 9.005 Murid SD Ikuti US

RENGAT - Hari ini Senin (14/5), sebanyak 9.005 murid Sekolah Dasar (SD) sederajat se Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) ikuti ujian sekolah (US) serentak. Bahkan satu hari jelang pelaksanaan US, dipastikan naskah soal sudah berada di masing-masing UPT Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Inhu.

Selain itu, pada saat pengecekan naskah soal US pada Sabtu (13/5) kemaren oleh kepala sekolah, belum ditemukan adanya kekurangan. "US di Kabupaten Inhu tinggal pelaksanaan dan naskah soal sudah didistribusikan kemasing-masing UPT," ujar Kadis Dikbud Kabupaten Inhu H Ujang Sudrajat SP Msi melalui Panitia US Syafrudin Mpd.

Menurutnya, masing-masing panitia US ditingkat sekolah diharapkan sebelum pelaksanaan ujian sudah menjemput naskah soal ke masing-masing UPT. Sehingga jadwal pelasanaan US dari pukul 08.00 hingga10.00 Wib dapat berjalan sesuai ketentuan.

Ketika terjadi kekurangan soal, panitia diharapkan dapat berkoordinasi dengan panitia ditingkat kabupaten. Karena kekurangan soal dapat diatasi salah satunya dengan meminta kelebihan soal disekolah terdekat. Selain itu juga dapat dilakukan dengan cara memperbanyak atau di fotocopy.

Pelaksanaan US ditingkat SD sederajat terdapat di 301 sekolah dengan 591 ruang ujian. Dimana pelaksanaan US akan diawasi sebanyak 1.804 pengawas yang terdiri dari para guru dengan sistim silang. "Naskah US dimasing-masing UPT juga dijaga dan didalamnya terdapat dari unsur Polisi," ungkapnya.

Naskah soal yang akan diuji sambungnya, berasal dari Disdikbud Provinsi Riau. Dalam pembuatan naskah soal tersebut, diranjang sebanyak 25 persen dari Pusat dan 75 persen yang berasal dari kabupaten kota yang dikoordinir oleh Disdikbud Provinsi Riau.

Untuk itu harapnya, selama tiga pelaksanaan ujian hendaknya peserta US dapat menjaga kesehatan. Sehingga, dapat mengikuti pelaksanaan US secara utuh. "US hanya ada tiga matapelajaran yang diuji, diantaranya Bahasa Indonesia, Matematika dan IPA," terangnya.(1)