Guru SMPN 1 Seberida Raih Prestasi Tingkat Nasional

RENGAT – Kembali guru asal Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), berhasil mengharumkan nama daerah ditingkat pusat. Kali ini, guru bahasa Inggris di SMPN 1 Seberida yakni Alus Mushar Laili Spd.I yang berhasil meraih juara harapan tiga pada lomba guru berprestasi tingkat Nasional 2018.

Atas prestasi tersebut, ibu dua anak ini selain memperoleh piagam penghargaan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan juga diberikan uang pembinaan. “Lomba ini sangat bergengsi. Karena seleksinya dimulai dari tingkat sekolah, kecamatan, kabupaten hingga provinsi,” ujar Alus Mushar Laili Spd.I, Jum’at (24/8).

Alus panggilan akrabnya, merupakan utusan Provinsi Riau ketika mengikuti lomba guru berprestasi bersama 20 orang lainnya. Dimana, pada lomba tersebut menampilkan tentang penelitian tindakan di kelas. Hal ini lebih mengarah kepada upaya memotivasi pelajar dalam pembelajaran.

Selama mengikuti lomba ditingkat Nasional, Alus harus mengikuti lima tahapan diantaranya portofolio, kepribadian, tes tertulis, presentasi dan wawancara. “Penguji disetiap tahapan itu semuanya bertitel professor dari lima universitas ternama,” sambungnya.

Untuk itu katanya, selama mengikuti lomba yang berlangsung sejak tanggal 11 hingga 18 Agustus 2018 kemarin merupakan pengalaman yang berharga baginya. Bahkan ketika diberikan kesempatan pada lain waktu, Alus yang juga tergabung disejumlah orginisasi perempuan seperti PPK Kabupaten Inhu, tetap akan mengikuti lomba tersebut.

Alus juga mengucapkan terima kepada semua pihak yang mendukungnya terutama kepada keluarga, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dan pihak-pihak lainnya. “Apresiasi yang diberikan Pemerintah Kabupaten Inhu merupakan pengahragaan yang luar biasa atas prestasi ini,” sebutnya.(01)