Bakohumas Kab Inhu hadirkan Kesbangpol kab.Inhu jadi Narasumber Pertemuan Tematik

Rengat - Menjelang pemilihan umum presiden dan wakil presiden, anggota legislatif, dan anggota dpd tahun 2019, Badan Koordinasi Hubungan Masyarakat (Bakohumas) Kab.Inhu mengadakan Acara Pertemuan Tematik dengan menghadirkan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (kesbangpol) Kabupaten Indragiri Hulu sebagai Tuan Rumah sekaligus Narasumber pada pertemuan yang digelar di Aula Bappeda Kab.Inhu Jum'at (22/03/2019). Acara yang ditaja oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kab. Inhu ini merupakan pertemuan pertama di tahun anggaran 2019 ini yang merupakan agenda rutin dari Kegiatan Bakohumas Kab.Inhu.

Acara Pertemuan Tematik Bakohumas dibuka secara resmi oleh Asisten Pemerintahan Kab. Inhu Drs. Asriyan, M.Si, turut hadir Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kadiskominfo) Kab.Inhu Jawalter S, M.Pd serta Para Anggota Bakohumas yang merupakan praktisi kehumasan di lingkungan OPD, Instansi Vertikal, Kejaksaan, Manggala Agni, Perwakilan Bank, TNBT, PD Indragiri, serta BUMN dan BUMD di Kabupaten Indragiri Hulu. 
Dalam sambutan Sekretaris Daerah yang juga selaku Ketua Umum Bakohumas yang dibacakan oleh Asisten Pemerintahan Kab. Inhu Drs. Asriyan, M.Si, beliau menjelaskan bahwa pertemuan bakohumas ini merupakan wadah pertukaran dan diseminasi informasi, dan membantu pemerintah dalam melancarkan arus informasi, serta untuk menjalin koordinasi dan sinergitas antar instansi yang tergabung didalamnya. 

Lebih jauh ia mengharapkan melalui Forum Bakohumas ini untuk bersama menangkal ujaran kebencian dan penyebaran berita Hoax. "Dalam menghadapi pemilu yang akan datang nanti diharapkan para praktisi humas pemerintah untuk menangkal isu negatif terutama yang berkaitan dengan kampanye hitam,  provokasi, fitnah, ujaran kebencian, intimidasi, anarkisme,  dan penyebaran hoax" ujarnya. 

Selain itu, bakohumas sebagai corong informasi pemerintah diharapkan bisa menyebarluaskan informasi yang resmi di masyarakat. serta bersama-sama dengan masyarakat menjaga dan memelihara stabilitas keamanaan dan ketertiban serta menciptakan suasana yang aman, damai dan kondusif."menjadi tugas kita bersama untuk memberikan informasi yang jelas, bersih dan resmi kepada masyarakat, dan memberantas penyebaran hoax" lanjutnya menambahkan. 

Senada dengan pernyataan tersebut, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kab.Inhu melalui Kasubbid Karakter Bangsa Bidang Bina Ideologi Wawasan Kebangsaan dan Karakter Bangsa Badan Kesbangpol Kab. Inhu Ibu Reni Maralis, SE,MM menilai peran humas dalam penyebarluasan informasi resmi sangat penting, apalagi saat menjelang masa pemilu 2019 ini. Beliau berharap melalui Anggota Bakohumas yang hadir ini bisa memberikan informasi dan menyebarluaskan nya ke masyarakat. 

Beliau juga mengucapkan apresiasi dan terimakasih atas kesempatan yang diberikan untuk menyampaikan materi pada pertemuan bakohumas ini dengan tema “menciptakan stabilisasi keamanan dan kenyamanan lingkungan dalam menghadapi pemilu 2019”.   

“Dalam rangka meningkatkan partisipasi politik dalam pemilu 2019, Badan Kesbangpol  melakukan beberapa upaya diantaranya,  melaksanakan pendidikan politik kepada seluruh elemen masyarakat , melaksanakan penguatan sistem dan implementasi pemilu kepada aparatur pemerintah yang menangani pemilu serta melaksanakan monitoring dan pemantauan dampak politik pemilu” ujarnya.

Sedangkan untuk langkah2 antisipasi kerawanan pemilu, Badan Kesbangpol melakukan monitoring untuk semua tahapan pemilu, berkoordinasi antar lembaga terkait, tokoh masyarkat dan tokoh agama untuk mengantisipasi berbagai perkembangan dalam semua tahapan pemilu dan untuk mencipatakan ketertiban dan keamanan, meredam segala bentuk aksi/demo yang berpotensi meluas ke daerah lain, menyamakan persepsi  dengan kpu, panwaslu, dalam koordinasi pelaksaan pemilu serta menciptakan stabilitas politik yang kondusif selama pelaksanaan pemilu dan menciptakan rasa aman bagi masyarakat dalam pelaksanaan pemilihan.

Partisipasi pemilih pada pilgub yang lalu di Kabupaten Indragiri Hulu masih tergolong rendah yakni sekitar 57%, “untuk itu kita berharap melalui acara pertemuan Bakohumas ini, para peserta yang hadir bisa turut mensosialisasikan pemilu 2019  sehingga partispasi aktif masyarakat untuk pemilu nanti bisa meningkat”tutupnya.

Acara berjalan lancar diwarnai dengan diskusi yang interaktif dari peserta yang hadir. “Untuk pertemuan tematik selanjutnya, anggota bakohumas yang ingin menjadi tuan rumah penyelenggaraan bisa mengbubungi sekretariat bakohumas di Dinas Komunikasi dan Informatika  Kab. Inhu”.  ujar Kepala Seksi Kemitraan Informasi dan Komunikasi Publik Diskominfo Kab. Inhu Nurizal Murza Indra S.Sos, M.Si

Nurizal juga menyampaikan bahwa nantinya untuk pengelolaan komunikasi publik, para anggota bakohumas akan disediakan aplikasi khusus rilis berita yang saaat ini masih dalam tahap pembangunan aplikasi bersama tim dari dinas komunikasi dan informatika. “Nantinya dengan hadirnya aplikasi rilis berita  ini akan membantu para humas yang ada di opd, instansi vertikal, bumn dan bumd khusus nya para anggota bakohumas untuk mempublikasikan program kegiatan dan berita dari instansinya masing-masing” terangnya. 

Aplikasi ini akan menjawab permasalahan kurangnya publikasi yang dilakukan pemerintah daerah dikarenakan tidak adanya sarana untuk pengelolaan komunikasi publik dalam hal ini pengelolaan rilis berita. “Aplikasi ini bisa membantu humas opd menjadi wartawannya opd dimana dalam aplikasi ini nantinya sudah tersedia modul-modul penulisan jurnalistik seperti tentang ketentuan penulisan 5w+1h” lanjutnya .

“Kami meminta do'a dan dukungannya agar rencana dan niat baik kami untuk mambangun aplikasi rilis berita ini segera terwujud”pintanya.