Air Mata Pengantin Kalahkan Air Akar dan Bir Kletok

RENGAT - Provinsi Riau memiliki berbagai kuliner yang unik. Tak hanya jenis makanan, tapi juga minuman. Di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), ada minuman yang unik. Namanya es air mata pengantin. Dahulunya minuman ini selalu ditemui saat acara pernikahan maupun acara-acara lainnya yang mengandung unsur kebahagiaan. Sehingga air mata yang dimaksudkan tersebut adalah air mata kebahagiaan. 

Es Air Mata Pengantin menyuguhkan cita rasa yang menyegarkan. Isinya tak jauh beda dengan sajian es campur pada umumnya. Di dalamnya terdapat berbagai macam agar-agar yang kenyal dan berwarna-warni. Selain itu, minuman ini juga dilengkapi dengan biji selasih, sirup, es batu. Sebagai pelengkap, biasanya ditambahkan blewah yang memiliki manfaat untuk kesehatan.

Minuman Es Air Mata Pengantin masuk dalam nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) tahun 2018. Es dari negeri para Raja itu masuk dalam kategori minuman tradisional terpopuler. Pada ajang pariwisata terpopuler Anugerah Pesona Indonesia (API) 2018, Es Air Mata Pengantin bersaing ketat dengan 9 minuman tradisional dari provinsi lain. Ada Aia Aka (Kota Bukittinggi), Bir Pletok (Jakarta Selatan), Es Brenebon (Provinsi Gorontalo), Es Kelacin (Provinsi Sulawesi Barat), Es Nangka Selasih (Provinsi Kalimantan Selatan), Es Sekemu (Provinsi Banten), Jus Pinang (Provinsi Jambi), Loloh Cemcem (Kabupaten Bangli), dan satu lagi Markisa Brastagi (Kabupaten Karo Sumatera Utara).

Akhirnya Es Air Mata Pengantin kembali menjadi yang terbaik pada ajang API tersebut. Minuman ini berhasil meraih 70,9 persen suara mengalahkan pesaingnya dari Bukittinggi yakni Air Akar yang berada pada posisi kedua dan Bir Kletok dari DKI Jakarta pada posisi ketiga. 

Penghargaan diserahkan oleh Deputi bidang Pengembangan Pemasaran I Kementrian Pariwisata RI,  NW Giri Adnyani dan diterima langsung oleh Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Inhu,  Armansyah. "Es Air Mata Pengantin menjadi minuman Terpopuler Indonesia tahun 2018, tegasnya. 

Sebelumnya pada tahun 2017 lalu,  Bolu Berendam dari Indragiri Hulu juga menjadi makanan Tradisional Terpopuler. 

Dikatakan Armansyah,  pihaknya berencana menjadikan es air mata pengantin ini menjadi menu pada setiap cafe di Inhu sehingga ke khasan minuman ini akan tetap dapat terjaga dan juga kelestariannya dapat terus diketahui masyarakat kedepannya. (02)